Blogger templates

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalil-dalilnya

 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalil-dalilnya

 

Berikut adalah keutamaan bulan ramadhan dan dalil-dalilnya:
  1. Lailatul Qadar.
    Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya malam yang tidak akan dijumpai pada bulan yang lain yang hanya ada satu kali dalam satu tahun, yaitu malam laitalul qadar.
    Dari Abu Hurairah: Rasulullah SAW memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda: Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa. (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)
  2. Dikabulkannya doa-doa dan dihapusnya dosa-dosa.
    Allah swt memberkahi bulan Ramadhan dengan menurunkan rahmatNya, serta mengabulkan permintaan doa bagi orang yang berdoa dengan sungguh-sungguh dan mengampuni dosa-dosa orang yang sungguh-sungguh bertaubat.Dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah bersabda:
    Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, Allah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. (HR.Ath-Thabrani, dan para periwayatnya terpercaya).
    Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. Sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: Shalat Lima waktu, Shalat Jum’at sampai Shalat Jum’at berikutnya, Shaum Ramadhan sampai Shaum Ramadhan berikutnya, adalah menutup dosa-dosa (kecil) yang diperbuat diantara keduanya, bila dosa-dosa besar dijauhi.
    (H.R.Muslim)
    Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa shaum Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang sekarang. (HR.Bukhary Muslim).
  3. Diistimewakan dari pada Umat sebelumnya.
    Dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah saw bersabda:
    Umatku pada bulan Ramadhan diberi lima keutamaan yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu: 1. bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma kesturi; 2. para malaikat memohonkan ampunan bagi mereka sampai mereka berbuka; 3. Allah Azza Wa Jalla setiap hari menghiasi Surga-Nya lalu berfirman (kepada Surga), “Hampir tiba saatnya para hamba-Ku yang shalih dibebaskan dari beban dan derita serta mereka menuju kepadamu; 4. pada bulan ini para jin yang jahat diikat sehingga mereka tidak bebas bergerak seperti pada bulan lainnya; dan 5. diberikan kepada ummatku ampunan pada akhir malam. Beliau ditanya, ‘Wahai Rasulullah apakah malam itu Lailatul Qadar’ Jawab beliau, ‘Tidak. Namun orang yang beramal tentu diberi balasannya jika menyelesaikan amalnya. (HR. Ahmad). Isnad hadits tersebut dha’if, dan di antara bagiannya ada nash-Nash lain yang memperkuatnya.
  4. Puasa Ramadhan memberi Syafaat.
    Selain Nabi Muhammad, amal puasa kita di bulan Ramadhan akan membela kita atau memberi syafaat (pertolongan) bagi orang yang mengamalkannya.
    Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, bahwa sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: Shaum dan Qur’an itu memintakan syafa’at seseorang hamba di hari Kiamat nanti. Shaum berkata: Wahai Rabbku,aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafa’at baginya. Dan berkata pula Al-Qur’an: Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (karena membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya. Maka keduanya diberi hak untuk memmintakan syafaat.” (H.R. Ahmad, Hadits Hasan).
  5. Disunatkannya Shalat Tarawih
    Pada bulan ini disunatkan shalat tarawih, yakni shalat malam pada bulan Ramadhan yang tidak bisa dikerjakan pada bulan selain bulan Ramadhan. Sehingga semakin besar kesempatan kita untuk beribadah karena banyaknya amalan pilihan yang bisa dilakukan.
    Nabi saw bersabda:
    Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).
Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalil-dalilnya Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalil-dalilnya Reviewed by Unknown on 07.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Find us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.