Blogger templates

Ramadhan, Semulia-mulianya Bulan

Ramadhan, Semulia-mulianya Bulan...! 

 


Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan sejuta hikmah, dan bulan penuh kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang penuh dengan ampunan serta penuh dengan kebaikan. Pendek kata, beruntunglah orang-orang yang bertemu dengan Ramadhan dan bisa berbuat kebajikan di dalamnya. Kemuliaan dan keberkahan Ramadhan telah disampaikan oleh Allah dan Rasul-Nya. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan dibandingkan bulan-bulan yang lainnya. Tentang mengapa Ramadhan lebih mulia, dapat membuka mata ilmu serta membuka semangat amal kita akan saya jelaskan yaitu yang pertama bulan dimana Al-Qur’an diturunkan.
Allah menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk. (Al-Qur’an) diturunkan pada malam Lailatul Qadar, suatu malam di bulan Ramadhan. Allah berfirman:
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (Al-Baqarah : 185).
            Yang kedua adalah bulan dimana dibukanya pintu-pintu syurga, ditutupnya pintu-pintu neraka dan syaitan dibelenggu atau dirantai. Pada bulan ini kejelekan menjadi sedikit, karena dibelenggu dan diikatnya jin-jin jahat dengan salasil (rantai) dan belenggu. Mereka tidak bisa bebas merusak manusia sebagaimana bebasnya di bulan yang lain, karena kaum muslimin sibuk dengan puasa hingga hancurlah syahwat, dan juga karena bacaan Al-Qur’an serta seluruh ibadah yang mengatur dan mebersihkan jiwa. Allah berfirman:
“Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah : 183).
Maka dari itu ditutupnya pintu-pintu jahannam dan dibukanya pintu-pintu surga, disebabkan karena pada bulan itu amal-amal shaleh banyak dilakukan dan ucapan-ucapan yang baik berlimpah ruah, yakni ucapan-ucapan yang mengandung kebaikan banyak dilafadzkan oleh kaum mukminin. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW:
“Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para syetan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu-pintu neraka, tidak ada satu pintu-pintu yang dibuka dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintu-pun yang tertutup, berseru seorang penyeru ; “Wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah mempunyai orang-orang yang dibebaskan dari neraka, itu terjadi pada setiap malam” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah).
            Dan kemuliaan yang ketiga pada bulan Ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam mulia yang nilainya lebih baik daripada 1.000 bulan.  Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Firman Allah SWT :
Ramadhan, Semulia-mulianya Bulan Ramadhan, Semulia-mulianya Bulan Reviewed by Unknown on 07.41.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Find us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.