Blogger templates

PESANTREN RAMADHAN: SUASANA SANTRI SEKOLAHAN

PESANTREN RAMADHAN: SUASANA SANTRI SEKOLAHAN


          Pesantren Ramadhan. Adalah salah satu serangkaian kegiatan ramadhan yang dilaksanakan di SD IA 25 Semarangsetelah dugderan dan amaliah ramadhan. Pesantren ramadhan ini dilaksanakan selama dua hari tiga malam yaitu dari tanggal 19 – 21 Agustus 2011. Peserta dalam pesantren ramadhan ini terdiri dari murid-murid kelas 4 dan murid kelas 5 dan 6 yang belum lulus atau belum mengikuti pesantren ramadhan tahun sebelumnya. Murid-murid terbagi ke dalam 8 pondok; 4 pondok putri dan 4 pondok putra.
         Dalam pesantren ramadhan kali ini, siswa mondok seperti layaknya di pondok pesantren. Para murid dibiasakan shalat wajib tepat waktu dan berjamaah, shalat sunah tarawih berjamaah, shalat tahajud, tadarus al qur’an, hafalan surat-surat pendek, sahur dan buka bersama, dan materi. Materi yang diberikan kepada siswapun bermacam-macam yaitu self motivation , arkanul iman, the secret of fasting , birrul walidain, Muhammad menjadi rasul, hikmah shalat, dan refleksi diri.
     Tujuan utama dari seluruh rangkain kegiatan ramadhan kali ini adalah menumbuhkan minat agar murid giat melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan. Kedua, menumbuhkan rasa syukur pada anak atas karunia yang diberikan Allah. Ketiga, membiasakan anak berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. keempat, menumbuhkan semangat untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan Sunnah Rasul.
          Sedangkan harapan yang ingin ditekankan dalam pesantren ramadhan ini adalah siswa dapat merasakan bagaimana gambaran kehidupan  seorang muslim. Sebagaimana kita tahu pondok pesantren adalah salah satu lembaga yang mengajarkan tentang agama Islam termasuk bagaimana kehidupan sehari-harinya. Walaupun SD Islam Al Azhar 25 Semarang bukanlah pondok pesantren,  akan tetapi dengan adanya pesantren ramadhan ini, SD IA 25 ingin menghadirkan nuansa pondok pesantren di sekolah dengan pesantren ramadhan walaupun hanya dua hari 3 malam.
PESANTREN RAMADHAN: SUASANA SANTRI SEKOLAHAN PESANTREN RAMADHAN: SUASANA SANTRI SEKOLAHAN Reviewed by Unknown on 07.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Find us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.